Jumat, 04 Juni 2010

Netbeans 6.8


Bagi anda yang merupakan programmer JAVA pastinya sudah mengenal aplikasi yang satu ini. IDE (Integrated Development Environment) ini sangat populer dan merupakan ciptaan dari Sun Microsystem. Netbeans merupakan jawaban dari Sun Microsystem terhadap Eclipse yang merupakan IDE saingannya.

Netbeans merupakan IDE yang multifungsi dan juga mendukung banyak bahasa pemrograman selain JAVA. C/C++, PHP, Python, Ruby merupakan salah satu bahasa pemrograman yang didukung oleh Netbeans. Netbeans memiliki banyak fitur, diantaranya fitur Team yang berguna mensinkronisasikan source code local ke repository revision control. Beberapa revision control software yang didukung oleh Netbeans yaitu Kenai, CVS, Subversion, dan Mercurial. Beberapa fitur yang tak kalah penting yaitu source code refactoring, dan profiling.

Refactoring pada Netbeans cukup lengkap, hal ini membantu programmer untuk merename nama class, method atau variabel dengan cepat. Serta mengdeklarasikan variabel, method dan class secara akurat. Fitur Profiling pada Netbeans dapat digunakan untuk memantau aktifitas memori dan cpu di saat aplikasi JAVA yang dibuat dijalankan. Netbeans juga mendukung plugin untuk menambah fungsionalitas aplikasi.

oleh alvin

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Netbean 6.8 merupakas aplikasi kontol
lambat, dikit-dikit crash
dibakar saja ini

Anonim mengatakan...

@ anonim
NetBeans memang membutuhkan spek komputer yang tinggi dan banyak memakan resource, kalau masalah crash ga juga sih, saya stabil-stabil aja tuh

Posting Komentar

Add to Technorati Favorites Add to Technorati Favorites
OrangUNIX © 2008 Template by:
SkinCorner