Kamis, 28 Mei 2009

Install Ubuntu 8.10 Intrepid ibex di EEEPC

Pertama kali beli laptop, langsung mau nyoba install linux di laptop terbaru nih. Sempet bingung mau milih install mandriva atau ubuntu. Karena Mandriva sudah di install di komputer desktop jadinya pilih ubuntu intrepid ibex karena dukungan hardware yang bagus. Karena netbook gak ada disk drive nya, jadinya pake usb flashdisk. Nah disini akan dijelaskan bagaimana membuat flashdisk bootable buat install Ubuntu atau distro linux lainnya.
Pertama-tama download terlebih dahulu software Unebootin Ubuntu EEE. Download juga ISO atau file image Ubuntu Intrepid IbeX. Pada pilihan iso, pilih file image linux. Lalu beri centang pada kotak show all drive, pilih Drive USB, misalnya “F:”, lalu klik Next untuk memulai pembuatan USB bootable disk. Pada file nomor 8, proses terlihat lama, dikarenakan filenya berukuran besar. Setelah itu flashdisk bisa langsung digunakan untuk installasi. Sewaktu boot up pilih media boot pertama pada bios menjadi usb flash disk. Sewaktu pertama boot akan keluar pilihan menu ubuntu, nah sampe disini terserah sampean, mo install langsung atau nyobain live cd nya ubuntu.
Sehabis install ubuntu, masih aja ketemu masalah nih. Tombol hotkey( tombol 'Fn' dan kawannya) seperti tombol pengatur suara, kecerahan, dan wireless gak bisa berfungsi. Yang kedua saat shutdown linux, power laptop gak langsung mati, tombol power harus ditekan beberapa detik baru bisa mati. Setelah search di google, baru ketemu deh cara ngatasinnya. Berikut ini linknya :
https://help.ubuntu.com/community/EeePC/Fixes atau
http://wiki.eeeuser.com/getting_ubuntu_8.04_to_work_perfectly

0 komentar:

Posting Komentar

Add to Technorati Favorites Add to Technorati Favorites
OrangUNIX © 2008 Template by:
SkinCorner