Senin, 19 Januari 2009

Macam-macam Desktop Environment

Desktop Environtment(DE) itu biasa dibilang tampilan GUI nya, grafisnya gitu, atau bahasa Indonesianya Lingkungan Desktop. Kalo di Linux emang banyak macemnya, beda ama windows yang cuman satu and ga ada namanya(kalo ada yang tau namanya kasih tau saya oke!) yang namanya windows explorer. Dibawah ini contoh DE yang terkenal.

KDE
KDE merupakan singkatan dari K Desktop Environment. Huruf K dipilih karena abjad sebelum huruf L yang merujuk pada nama Linux. KDE tampilannya lumayan mirip windows and lengkap lagi. Karena kelengkapannya banyak yang ngira KDE tuh OS(operating system), padahal sih cuman DE alias buat tampilan grafis aja. Pokoknya bagus deh, soalnya w juga pake.




GNOME
GNOME kepanjangan dari GNU Network Object Model Environment. Dibangun dengan GTK+ GUI toolkit. Gnome cukup populer dan banyak dipakai di banyak operating sistem varian UNIX. Ciri- cirinya ada dua taskbar diatas sama dibawah layar.



XFCE
Kepanjangannya adalah XForms Common Environment. DE satu ini punya kelebihan ga ngabisin memori dan cepet di komputer lambat, cuman tampilannya itu, kurang enak diliat. XFCE kayaknya cuman DE alternatif selain KDE and Gnome.


IceWM
DE ini juga alternatif selain KDE and Gnome. Namanya aja alternatif, ampilannya juga kurang sedep dimata, ya kalau komputer sampean ga kuat jalanin KDE and Gnome, terpaksa pake yang satu ini.

Segini dulu deh, kapan-kapan lagi diterusin, semoga bermanfaat.AMIN.

1 komentar:

myhafiezers mengatakan...

thanks gan , ata informasinya

Posting Komentar

Add to Technorati Favorites Add to Technorati Favorites
OrangUNIX © 2008 Template by:
SkinCorner